Pengadilan Maroko Jumat kemarin (2/3) menjatuhkan hukuman kepada seorang pria untuk enam bulan penjara setelah ia mengibarkan bendera Israel di atas rumahnya dalam upaya menarik perhatian pemerintah daerah dan sebagai aksi protes pemutusan pasokan listrik dan air ke rumahnya, media Maroko melaporkan.

Muhammad Jadidi, 42 tahun, telah menggambar bendera Israel di selembar kain putih dan kemudian mengibarkan di atas rumahnya di lingkungan Bandara kota (Berber).

Dia dilaporkan melakukan hal itu setelah listrik dan air terputus ke rumahnya, yang rumah itu telah ditempati oleh keluarganya sejak kematian ayahnya, yang merupakan bagian dari pasukan paramiliter.

Jadidi ditangkap Senin lalu dan didakwa dengan “penistaan” melalui usaha merusak bendera nasional.

Ibunya muncul di sebuah video yang beredar di situs Maroko meminta Raja Muhammad VI untuk melepaskan putranya. Dia mengatakan dia hanya mengibarkan bendera Israel untuk menarik perhatian para pejabat senior untuk melihat kondisi keluarganya.

Asosiasi Hak Asasi Manusia lokal mengecam keputusan pengadilan sebagai tak berdasar dan mengatakan tidak ada kaitannya mengibarkan bendera asing dengan upaya merongrong bendera nasional. (fq/aby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s