Kalo kalian dengar kata SKCK udah pasti ingatan kalian tertuju pada polisi. Ya kan… hehe

Tapi pembuatan skck kali ini bukan yang biasa ya, ini untuk keperluan visa jadi buatnya harus ke mabes polri yang di blok m itu.

Sebenarnya untuk pengurusan spouse visa USA ga butuh police report bagi yang ga pernah tinggal diluar Indoneaia lebih dari 1th. tapi karena suami aku minta, ya udah bikin aja. Hari pertama datang, aku lupa bawa passport, jadi hari pertama aku cum ambil sidik jari di ruang sidik jari di gedung INAFIS. Ruangnya dimana? Ya tanya petugas yang ada disitu aja, aku juga bingung jelasinnya. Hehe

Jadi hari berikutnya aku dateng lagi dengan membawa persyaratan yabg udah lengkap. Dateng pagi-pagi dong biar ga antri, bener aja pas aku dateng cuma ada 3 orang yang antri didalam, dan aku langsung ambil nomor antrian, ga lama kemudian langsung dipanggil.

Petugasnya akan tanya tujuan negara mana? keperluannya apa? dan sudah lengkap belum persyaratannya?. Jadi aku bilang aja untuk ke Amerika, penerbitan visa USA, Hubungan pernikahan. Karena aku belum daftar online jadi aku harus isi form dulu. Selesai, serahin dokumen tinggal tunggu 30 menit setelah itu nama aku dipanggil lagi dan langsung suru bayar ditempat itu juga sebesar Rp.30.000 murah juga kan. Ga lama dan ga ribet.

Oia satu hal lagi, di ruang sidik jari itu kita datang dan isi absen gitu (ada buku absennya) setelah itu isi form dan lampirin foto latar merah ukuran 4 x 6 satu lembar aja. Dan lampirkan ktp. Tunggu beberapa menit hasilnya udah jadi, selembar kertas kecil gitu. Jadi ga perlu disidik lagi jari kita karena datanya udah ada sesuai NIK ktp kita.

Jadi apa aja persiapannya?

1. Untuk sidik jari kamu butuh 1 lembar foto berlatar merah ukuran 4 x 6 ya. Jangan lupa bawa ktp ga usah di copy.

2. Setelah punya rekam sidik jarinya kamu langsung ke bagian SKCK dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan, sebagai berikut πŸ‘‡

1. Copy KTP dan asli

2.copy passpor

3. Copy KK

4. Copy ijazah terakhir, akta nikah, akta lahir

5. Pas foto berlatar belakang merah ukuran 4×6 cm (enam lembar). Berpakaian sopan, rapi, tampak muka secara utuh.

Mabes polri juga mudah dijangkau ko. Apa lagi sekarang udah mudah transportasi umumnya. Jadi waktu itu kesana dengan menggunakan KRL dan MRT. Rutenya πŸ‘‡

Dari stasiun manggarai – lanjut tujuan duri – turun di stasiun sudirman – dari situ jalan kaki kearah MRT dukuh atas – lanjut naik MRT di peron 2 tujuan lebak bulus – turun di stasiun ASEAN – keluar jalan kaki ke arah kiri dari stasiun – setelah melewati gedung ASEAN belok kiri – lurus terus sampe pom bensin mabes – ambil kanan – nah disitu pintu masuknya.

Kalo yang ga mau capek ya sebaiknya pake jasa ojol soalnya jalan kaki juga lumayan, tapi kalo berdua mungkin ga kerasa capenya πŸ˜†πŸ˜† hihiii.

Kalian bisa datang langsung atau daftar online dulu sebelumnya. Disini πŸ‘‰ skck online. Saran sih ya kalo yang sibuk, mending daftar online dulu jadi pas datang langsung ambil sidik jari terus serahin dokumen dan tunggu hasil.

Gitu aja, semoga manfaat 😊

Leave a comment