My visa journey part 2

Sekali lagi blog ini saya tujukan untuk catatan saya, kalo-kalo suatu saat ada yang butuh boleh lah jadi acuan juga 😊

Setelah sebelumnya saya tuliskan mengenai cara apply spouse visa USA dan tahapan awal yang sudah saya lalui. Sekarang saya tuliskan pengalaman selanjutnya / tahap lanjutan.

Jadi, 3 hari setelah saya dapat noa2 tgl 11 agustus 2020. Saya dpt notifikasi lagi, bahwa case saya “was sent to the department of state” tgl 14 agustus 2020.

Nah di noa2 itu kan ada receipt number, nomer unik itu yang bisa kita gunain untuk cek case kita di sini. Rajin2 aja cek case, biar tau prosesnya udh sampe mana.

Nanti penampakannya akan seperti ini 👇

Seminggu setelah dapat notifikasi itu aku dapat welcome letter dari NVC.

Isinya kaya gni 👇

Nah di stage ini kalian akan dapat nvc case number dan invoice ID number. Itu fungsinya untuk kita login di webnya CEAC.

Di web situ nanti yang akan menentukan proses visa kita selanjutnya.

Setiap case beda-beda ya, ada yang perlu joint sponsor ada yang tidak. Jadi nanti pilihlah sesuai kebutuhanmu.

Disini ada dua part, part petitioner dan applicant. Harganya beda-beda. Untuk petitioner harganya $120 dan aplicant $325.

Nah di bagian petitioner itu kamu bisa pilih, perlu joint sponsor atau tidak. Dan untuk applicant, nanti kamu isi form ds-260 dan upload civil document kamu ya. Seperti awal-awal kamu submit dokument visa. Dibagian petitioner itu ada form i-864ez (untuk yang tidak pakai joint sponsor) dan i-864 (untuk yang perlu joint sponsor).

Itu aja kira-kira info yang bisa aku share saat ini. Semoga manfaat 😊